Photobucket

Rincian Acara

ARCHITECTURE ACTIVE LEARNING
DESKRIPSI
ARCHITECTURE ACTIVE LEARNING adalah sebuah acara yang ditujukan untuk membuka wawasan para siswa-siswi SMA/U sederajat akan pendidikan dan bidang ilmu arsitektur di Program Studi Arsitektur. Seperti yang diketahui, persepsi serta pengetahuan para siswa-siswi sma terhadap Prodi arsitektur serta bidang ilmu arsitektur masih sangat minim dan kabur. Oleh karena itu, dengan adanya acara ini, diharapkan para siswa-siswi SMA dapat mengetahui dan menambah pengetahuan mengenai Arsitektur
Tujuan kedua dari acara ini adalah mempromosikan program studi Arsitektur kepada para siswa-siswi SMA dengan harapan siswa-siswi yang memiliki minat serta bakat di bidang arsitektur akan mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan di Prodi Arsitektur.


TUJUAN KEGIATAN
• Sosialisasi sistem pendidikan dan bidang ilmu Arsitektur
• Promosi Program studi kepada anak-anak SMA

SASARAN
SMA sederajat (70 orang)

TEMPAT
Ruang Multimedia Kampus Arsitektur Banjarmasin

WAKTU
Kamis, 23 April 2009
09.00-16.00 WITA

PAMERAN

DESKRIPSI
Pameran Arsitektur merupakan salah satu bagian acara yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur pada tahun 2009 ini yaitu Architecture Day’s 2 ini. Pada intinya pameran menampilkan hasil karya Mahasiswa Arsitektur dimana kegiatan ini telah di mulai sejak Architecture Day 2 2007, Pameran merupakan salah satu Media Informasi sekaligus wadah untuk memperkenalkan Jurusan Teknik Arsitektur ke Dunia Professional dan Masyarakat Umum.
Minat dan kreativitas mahasiswa arsitektur hendaknya dikenalkan khususnya kepada komponen yang berada di Universitas Lambung Mangkurat dan umumnya kepada kalangan masyarakat umum supaya minat dan kreativitas mahasiswa tersebut berkembang dan tersalurkan kearah yang lebih bermanfaat dan bernilai positif,untuk itu diperlukan suatu bentuk kegiatan untuk meningkatkan peran profesionalisme mahasiswa.
Dengan ini , sesuai dengan program kegiatan Himpunan Mahasiwa (HIMARS) Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Lambung Mangkurat 2008/2009. maka atas nama Hima Arsitektur akan mengadakan kegiatan yang berbentuk pameran dimana melalui kegiatan ini di titipkan harapan agar arsitektur dapat di kenal di khalayak Ramai.

TUJUAN KEGIATAN
Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu Program Kerja HIMA Arsitektur Periode 2007/2008 yang bertujuan :
• Mensosialisasikan Ilmu Arsitektur kepada Masyarakat umum.
• Mendorong Minat dan Kreativitas untuk mengembangkan diri dalam berkarya.
• Sebagai forum Komunikasi dan Informasi.
Kegiatan pameran karya mahasiswa ini pada intinya untuk mendiseminasikan/publikasi karya mahasiswa kepada civitas akademik lain maupun publik secara umum sehingga suasana akademik akan meningkat melalui kegiatan pameran ini.

TEMA KEGIATAN
“Dunia Arsitektur Kita”

PESERTA PAMERAN
Seluruh Mahasiswa Arsitektur dapat ikut serta dalam Acara ini,baik dalam bentuk sumbangan hasil karya maupun bantuan lainnya.
Masyarakat umum dan siswa(i) SMU/sederajat yang ikut serta dalam kegiatan yang akan diadakan.

PELAKSANAAN
HARI/TANGGAL : Kamis, 23 April 2009- Sabtu, 25 April 2009
WAKTU : 08.30-16.00

BAZAAR

DESKRIPSI
Bazaar merupakan acara yang sudah sering kita temui di berbagai rangkaian kegiatan. Biasanya berupa penjualan barang atau merchendise yang berhubungan dengan kegiatan utama. Pada Arsitektur Day’s 2 Bazar digunakan sebagai penguat dalam kegiatan sosialisasi Arsitektur ke masyarakat luas dan kalangan internal kampus Arsitektur. Bentuk sosialisasi ini berbentuk seperti bazaar pada umumnya, namun barang-barang yang dijual dikhususkan pada barang-barang yang berhubungan dengan dunia arsitektur. Barang tersebut bisa berupa majalah arsitektur, peralatan, ataupun berupa media yang bisa kita jadikan sebagai alat untuk mempelajari Arsitekturs secara simpel.

TUJUAN
Tujuan kegiatan Bazar adalah, sebagai berikut :
Mengenalkan dan memasyarakatkan dunia Arsitektur kepada kalayak ramai.
Memberikan kemudahan pada mahasiswa Arsitektur dalam mendapatkan peralatan arsiteknya.
Bazar dilaksanakan dengan tujuan untuk ikut memeriahkan acara Archi’day02 tahun 2009.
Memperingati 10 tahun S1 Teknik Arsitektur.
Untuk menarik perhatian bagi para undangan yang lebih khususnya adalah siswa(i) SMA, SMK, STM, dll.

SASARAN
Masyarakat umum di Banjarmasin.

TEMPAT
Kampus Teknik Arsitektur Universitas Lambung Mangkurat.

HARI/TANGGAL
Kamis, 23 April 2009- Sabtu, 25 April 2009

WAKTU
08.30-16.00

PEMILU KETUA HIMARS ARSITEKTUR

DESKRIPSI
Pemilihan Ketua Himpunan Mahasisa Arsitektur periode 2009-20010

TUJUAN
Alih jabatan Ketua Himpunan Mahasisa Arsitektur yang baru dari periode 2008-2009 ke periode 2009-2010

SASARAN
Keluarga Besar Program Studi Arsitektur

TEMPAT
Kampus Teknik Arsitektur Universitas Lambung Mangkurat

WAKTU
Kamis, 23 April 2009
08.30-16.00 WITA

GELAR KARYA MAHASISWA DAN DOSEN ARSITEKTUR

DESKRIPSI
Kegiatan ini merupakan sarana mendapatkan pengetahuan dan sebagai media untuk bertukar pikiran antara narasumber dan pserta. Presentasi yang ditampilkan yaitu hasil rancangan narasumber dalam format digital yan mdah dipahami oleh orang awam non arsitektur. Format acara dikemas dengan sesantai mungkin yang dipimpin oleh seorang moderator. Dosen mempresentasikan hasil karya mreka dari proses pemikiran konsep sampai hasil akhir yang didapat. Di akhir presentasi akan diadakan sesi tanya jawab sebagai sarana tukar pikiran natara narasumber dan peserta.

TUJUAN
Memamerkan karya-karya mahasiswa dan dosen Arsitektur Universitas Lambung Mangkurat.

SASARAN
SMA sederjat dan Masyarakat

TEMPAT
Ruang Multimedia Kampus Arsitektur Banjarmasin

WAKTU
Jumat, 24 April 2009
08.30-13.00 WITA

ARCHITECTURE CRAFTING CREATIVE POSTER

DISKRIPSI UMUM
(Penjelasan singkat architecture crafting creative poster yang ditujukan untuk siswa SMA (peserta lomba):
Architecture crafting creative poster adalah lomba mendesain poster yang berhubungan dengan dunia arsitektur. arsitektur.Desainnya di titik beratkan pada konsep poster ( tema yang dibawakan ) dan cara pengolahan bidang/tekstur. Pengolahan bidang yang dimaksudkan disini adalah membuat tampilan 2D poster menjadi tampak seperti bidang 3D dengan menggunakan tekhnik crafting ( gunting tempel ) sehingga nanti terlihat ada beberapa object atau gambar didalam poster yang terlihat timbul/ lebih menonjol dari permukaan poster yang lainnya.Nantinya akan ada persentasi terhadap poster yang dibuat untuk menilai sejauh mana kesesuaian dan menariknya poster yang dibuat dengan konsep yang telah dibuat.
Lomba desain poster kreatif dengan pengolahan bidang (bidang 2D diolah terlihat seperti tampilan 3D dengan tema arsitektur.

ALOKASI WAKTU
Technical meeting 23 April (pengumpulan & persentasi konsep poster, 24 April 20, (pengumuman pemenang 25 April 2009), (pembagian hadiah, 25 April 2009).

TEMPAT
Kampus Teknik Arsitektur Unlam (Ruang multimedia)
LOMBA DESAIN MAKET RUMAH TINGGAL DENGAN TEMA DIMENSI ARSITEKTUR

DESKRIPSI ACARA
(Meliputi konsep, format acara, dst. Yang berhubungan dengan tema acara DIMENSI ARSITEKTUR):
Perlombaan ditujukan kepada siswa SMA yang memiliki kegemaran akan desain atau sekedar tertarik akan desain yang tentunya memiliki potensi lebih besar untuk memilih memasuki program studi yang berhubungan dengan desain dalam hal ini arsitektur.
Pengunguman seleksi akan diadakan pada tanggal 25 April 2009 lewat mading atau SMS. Perlombaan akan dilaksanakan di koridor prodi arsitektur Unlam. Acara berlangsung sejak pagi hari pukul 09:00-selesai (waktu fleksibel; sampai pukul 05:00 dan maksimal pukul 06:00 untuk peserta yang belum menyelesaikan desainnya) terbagi menjadi dua oleh istirahat pada pukul 11:30-02:00 untuk sholat Jumat dan makan.
Desain yang sudah selesai akan dipajang disepanjang koridor arsitektur untuk dipamerkan hingga Architecture Day 2 berakhir. Sedang desain-desain hasil seleksi sebelumnya, berupa gambar A4, sudah dipajang pada mading di enterance sehari sebelum Architecture Day 2 dimulai.
Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan diadakan pada penutupan Architecture Day 2 yang akan dilakukan oleh Ketua Prodi, Ketua Hima, Ketua Architecture Day 2, koordinator desain maket, dan juri.

ALOKASI WAKTU
Acara pelaksanaan & pengumpulan, 24 April 2009), (pengumuman & pembagian hadiah, 25 April 2009.

TEMPAT
Kampus Teknik Arsitektur Unlam (selasar/ outdoor)

LOMBA FOTOGRAFI

JUDUL KEGIATAN
Dimensi dalam Fotografi

TEMA KEGIATAN
Dimensi Arsitektur

DESKIPSI KEGIATAN
Perkembangan teknologi yang sangat pesat belakangan ini memberikan pengaruh terhadap berbagai hal serta aktifitas manusia. Demikian juga dalam hal “berarsitektur”, jika pada beberapa tahun lalu penggambaran atau drafting dilakukan dengan teknik manual, saat ini kegiatan tersebut dapat dilakukan secara digital, Tentunya dengan hasil yang lebih, serta dengan proses yang lebih efektif.
Namun seperti halnya dua sisi mata uang, teknik digital maupun manual memiliki berbagai kekurangan serta kelebihan. Jika pada teknik manual kita memerlukan waktu yang lumayan panjang untuk mengahsilkan sebuah produk, maka dengan bantuan media digital waktu yangkita perlukan dapat diefisienkan. Sedangkan dengan media digital tentunya kita hanya terpaku dengan fitur-fitur yang terdapat pada media tersebut, sedangkan jika menggunakan media manual kita bebas untuk mengakspresikan apa yang sebenarnya kita ingin wujudkan.
Fotografi merupakan salah satu hal yang sangat berkaitan erat dengan arsitektur. Keduanya sama-sama mempelajari tentang proporsi, irama, warna, cahaya. Fotografi dapat dikaitkan dengan arsitektur, karena fotografi dapat menceritakan hasil dari sebuah arsitektur. Fotografi merupakan salah satu media digital yang dapat menggambarkan arsitektur melalui sudut pandang berbeda.
Atas dasar inilah kemudian diadakan lomba fotografi dengan judul Dimensi dalam Fotografi, mengacu pada tema Architecture Day 02.

HARI & TEMPAT PELAKSANAAN
Hari/tanggal : Kamis s.d Jumat, 22 s.d 23 April 2009
Tempat : Kampus Program Studi Arsitektur UNLAM
LOMBA DESAIN TAMAN ARSITEKTUR

DESKRIPSI
Memperlombakan kemampuan Mahasiswa Arsitektur Universitas Lambung Mangkurat dalam mendesain ruang luar, yaitu taman desain taman.

TUJUAN
Sebagai bentuk parsitipasi para Mahasiswa Arsitektur Unlam Banjarmasin atas diselenggarakannya kegiatan Arcitecture Day’s 2

SASARAN
Mahasiswa Unlam Banjarmasin

TEMPAT
Kampus Teknik Arsitektur Unlam (selasar/ outdoor)

WAKTU
Jumat, 24 April 2009
08.30-15.00 WITA

JINGLE MUSIC ARSITECTURE

DESKRIPSI
Merupakan acara hiburan pada Arhitekture Day’s 2 untuk kalangan mahasiswa Arsitektur dalam rangka menjalin kebersamaan dan kekerabatan antar angkatan mahasiswa Arsitektur

TUJUAN
Tujuan acara jingle Music Arsitectur adalah untuk turut memeriahkan acara Architecture Day’s 2 dan menyalurkan apresiasi Mahasiswa Arsitektur, serta memupuk persaudaraa antar mahasiswa Arsitektur

SASARAN
Mahasiswa Arsitektur


TEMPAT
Kampus Teknik Arsitektur Unlam (selasar/ outdoor)

WAKTU
Jumat, 24 April 2009
08.30-15.00 WITA

SEMINAR FUTURE ARCH

DESKRIPSI
Seminar Future Arc adalah seminar mengenai dunia Arsitektur serta presentasi bahan bangunan di lingkungan akdemis, dengan tema Enteprenership in Achitecture. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Majalah Future Arc dengan sponsor tunggal dari pihak tim pelaksana sendiri.

TUJUAN
Tujuan Seminar Future Arc adalah untuk menjembatani antara dunia akademis dengan dunia praktis.

SASARAN
Pelajar (mahasiswa dan siswa SMA sederajat)

TEMPAT
Ruang multimedia kampus Arsitektur Banjarmasin

WAKTU
Sabtu 25 april 2009
09.00-13.00 WITA

10 TAHUN ARSITEKTUR

DESKRIPSI
Perayaan hari jadi prgram studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat yang ke – 10. Juga sekaligus sebagai perpisahan terhadap Kampus Arsitektur, yang pada bulan Agustus ini sudah resmi

TUJUAN
Merayakan perayaan hari jadi program studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat yang ke – 10, sekaligus perpisahan dengan kampus Arsitektur Universitas Lambung Mangkurat di Banjarmasin.

SASARAN
Keluarga Besar Program Studi Arsitektur.


TEMPAT
Kampus Teknik Arsitektur Universitas Lambung Mangkurat.

WAKTU
Sabtu, 25 April 2009
13.00-14.00 WITA










Comments :

0 komentar to “Rincian Acara”

Posting Komentar

Silahkan bagi bagi anda yang ingin berkomentar.
Kirim kritik, saran dan masukan melalui kami di E-Mail resmi HIMARS di himars_arsitektur@yahoo.com
Terima Kasih.